About Me

My photo
Hi sharing my joy of baking, cooking and handy craft

Friday 15 March 2013

Es Krim rumahan

Es Krim rumahan

English CLICK HERE

Es-krim?? tua muda menyukainya, menurut Wikipedia, Es-krim adalah makanan kecil beku yg terbuat dari, produk susu, seperti susu dan krim kadang kala ditambah dengan buah dan aneka rasa lainnya
Ada beberapa cara membuat es-krim, bisa pakai mesin pembuat es-krim tapi lebih seru lagi kalau menggunakan manual, keluarga dengan anak2 yg masih kecil2 akan sangat menikmati cara pembuatan ini. Hanya di butuh waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan mesin pembuat es-krim


dibutuhkan:
100 ml whipping cream
100 ml susu segar
25 g gula pasir
Campur semua bahan ini dan aduk hingga gulanya larut
boleh tambahkan vanilla, stroberri, bluberri, cendol, mangga atau rasa apa saja yg sesuai dengan kemauan keluarga anda

Seandainya anda tidak punya whipping cream atau tidak suka pakai whipping cream, gunakan resep ini
100 ml kelapa kental, saya menggunakan Kara, kalau mau rajin peras sendiri juga boleh
100 ml susu segar
25 g gula pasir

aduk semua bahan hingga gula larut.
tambahkan rasa lain untuk memeprcantik penampilan dan rasa seperti Mangga, Cendol , alpukat, sesuai musim buah saat itu atau rasa2 lainnya semau anda.








1.Ambil satu buah kantong Ziplock yang besar, pilih yg kualitas baik, lalu tuangkan di dalamnya 4 loyang cetakan es kulkas, masukkan 250 g garam kasar. Kenapa menggunakan garam ke es batu?? karena untuk menurunkan titik beku dari air, jadi es-krimnya cepat membeku. aduk rata garam dengan es cetakan kulkas.


2. masukkan semua bahan yg telah di aduk, terserah anda pilih yg pakai whipping cream atau yg pakai kelapa, kedalam ziplock yang kecil. tutup rapat!!!!




3. masukkan kantong ziplock kecil berisi adonan es-krim ygtelah di tutup rapat ke dalam kantong ziplock besar, tutup rapat, lalu mulai pijet2 atau goyang2, agar tangan anda/anak tidak membeku, gunakan sarung tangan musim dingin, atau gunakan handuk. pijet2, goncang2 hingga es-krim membeku. keluarkan dari salam kantong ziplock besar dan cuci dengan air. SIAP di santap.
Oh enaknya es-krim tanpa mesin buatan sendiri.










 

No comments:

Post a Comment