About Me

My photo
Hi sharing my joy of baking, cooking and handy craft

Thursday 25 September 2014

Mie Sua Goreng


Mie sua adalah sejenis mie asin yg terbuat dari tepung gandum. Aslinya berasal dari Fujian, China. Tetapi sebagai keturunan Teochew, keluarga saya juga amat menyukai jenis mie ini .
Mie menandakan panjang umur dalam tradisi Tionghua, oleh karena itu sering di sajikan dalam perayaan ulang tahun.
dalam resep ini saya tidak menggunakan mi sua tradisional, tapi saya menggunakan mi sua goreng. di Singapura. mie sua goreng mudah di temui di kios kios pasar tradisional yang menyajikan mie dan tahu. masak mi sua terpisah dengan isi2nya.


untuk porsi makan 4 orang
sediakan:
1/2 bungkus Teohmai sapo mee suah, rendam dengan air selama 30 menit, bilas, tiris dan sisihkan.
1 sdt rata bawang putih cincang halus
1 sdt rata bawang merah cincang halus
10 udang segar, buang kulit, belah bagian punggung, keluarkan kotorannya, lalu beri garam sedikit, remas2 dengan pelan2, cuci kembali dengan air, tiris, dan simpan di kulkas 15 menit, hasilnya adalah, daging udang yang garing.
1 sdm makan miyak untuk menumis
1 sdm kecap asin encer
1 sdm kecap manis, saya menggunakan kecap manis ABC
Bahan2 lainnya :
1 sdt rata bawang putih cincang halus
1 sdt rata bawang merah cincang halus
1/2 paprika hijau, potong memanjang
1/2 paprika merah, potong memanjang
6 jamur shiitake, rendam dengan air panas selama 30 menit agar menjadi lembut, potong memanjang menjadi 6 bagian masing2 jamur.
50 g daging ayam, iris tipis melintang serat daging, tambahkan tepung kentang, kalau tidak punya bisa di ganti dengan tepung sagu, atau maizena, 1/8 sdt bubuk lada putih, 1 sdm kecap asin encer, remas2 dengan perlahan, dan biarkan meresap selama 15 menit did alam kulkas.
garam secukupnya
10 bakso ikan matang, belah jadi dua
2 lembar sawi putih, iris memanjang

Cara memasak:
= mi sua =
1. Panaskan minyak di kuali, tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi, masukkan mi sua, aduk2, masukkan kecap asin encer dan kecap manis, aduk selama 5 menit, tambahkan udang yg telah di proses tadi, aduk lagi 5 menit, atau pas semua udang matang. matikan kompor.

= lauk =
1. siapkan satu kuali lagi, panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah hingga wangi, masukkan jamur shiitake yg telah di iris memanjang, lalu tabus garam halus, aduk hingga tercium aroma wangi jamur shiitake, tambahkan daging ayam yang telah di potong dan direndam, aduk selama 5 menit, tambahkan paprika hijau dan merah, bakso ikan, sawi putih, aduk lagi 5 menit atau hingga semua daging ayam matang.

2. masukkan mi sua yang telah matang tadi, dan aduk hingga tercampur rata, siap disajikan.


No comments:

Post a Comment